Konfigurasi User Directory (Userdir) pada Debian 7 Wheezy


Hai Sobat Blogger,
Pada tutorial kali ini Saya akan membahas tentang User Directory, User Directory ini merupakan web pages virtual untuk user yang kita buat pada Debian 7. Awalnya emang bingung sih waktu ikut LKS tingkat Provinsi, oya Saya lupa member itahu kepada kalian bahwa tutorial-tutorial yang Saya posting pada blog ini merupakan materi-materi yang Saya dapatkan untuk mengikuti lomba LKS 2016 tingkat Provinsi. Jujur saat itu Saya sangat kewalahan karena pemberitahuan untuk lomba tingkat Provinsi yang sangat mendadak dan menyebabkan Saya hanya dapat mengikuti bimbingan selama 2 hari disekolah dan tiap malam di Hotel Lombok Garden. Syukur aja bisa dapat juara 3, ya walaupun menyedihkan sih tapi sebandinglah dengan latihan yang dilakukan setiap malam sampai jam 1, sampai-sampai kepala pusing pas bangun tidur. Harapan Saya si tahun depan bisa dipilih lagi buat mewakili sekolah biar bisa membalas kekalahan yang sebelumnya juga.

Okey tanpa basa basi lagi langsung aja dah.

Pertama install paket aplikasi yang dibutuhkan, kita Cuma butuh apache2 saja untuk userdir
#apt-get install apache2

Kemudian aktifkan module userdir
#a2enmod userdir

Setelah userdir diaktifkan kita buat directory public_html didalam directory skel.
#mkdir /etc/skel/public_html

Mengapa harus didalam directory skel kita membuat directory public_html karena jika kita membuat directory public_html di dalam directory skel dapat secara otomatis membuat directory tersebut didalam directory user setiap saat kita membuat user baru.

Jika sudah maka restart apache2
#service apache2 restart

Kemudian cobalah membuat user baru dengan perintah adduser agar user secara otomatis membuat directory untuk dirinya sendiri.
#adduser dirga

Sekarang kita test pada client apakah User Directory / Web Pages virtual kita sudah sukses.
Buka web browser Anda dan masukkan perintah http://(nama domain atau ip address)/~ (nama user) pada Address Bar web browser
Contoh : http//cycode.org/~dirga


Berikut tampilan jika User Directory telah berhasil :

~ Thanks For Coming ~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »