Konfigurasi SSH Server dan Banner (Figlet) pada Debian 7 Wheezy

Hai Sobat Blogger,
Pada tutorial kali ini saya akan berbagi bagaimana membuat SSH Server serta port cadangan untuk SSH Server tersebut. Selain itu Saya juga akan memberikan sedikit ilmu bagaimana cara mengubah tampilan login untuk SSH, ya mungkin kita bosan dengan tampilan defaultnya kita bisa mengubahnya dengan nama kita menggunakan aplikasi bernama figlet.











Langsung saja kita menuju cara konfigurasi SSH Server dengan Figlet

Pertama Saya akan  memberikan Anda bagaimana cara mengkonfigurasi SSH Server namun sebelumnya kita install terlebih dahulu paket aplikasi yang kita butuhkan yaitu openssh-server dengan perintah : #apt-get install openssh-server 



Kemudian kita edit file sshd_config yang terdapat pada folder SSH
#nano /etc/ssh/sshd_config




Cari Port 22 dan kemudian tambahkan Port cadangan untuk SSH Server. Disini Saya membuat port cadangan 443 dan 354, kalian bisa menggunakan port cadangan yang berbeda dengan yang Saya gunakan misalkan 123, 148, atau yang lainnya.



Jika sudah maka simpan konfigurasi tersebut dan restart ssh-server dengan perintah
#service ssh restart



Konfigurasi SSH server sudah selasai, sekarang kita akan melakukan konfigurasi pada figlet, sesuai dengan penjelasan Saya sebelumnya Figlet ini berfungsi untuk mengubah tampilan login pada SSH Server. Langkah pertama yang wajib kita lakukan adalah menginstal paket aplikasinya dengan perintah :
#apt-get install figlet




Kemudian ketikkan perintah #figlet Cycode > /etc/ssh/banner (Seperti yang ditunjukkan pada bagian nomor 1 gambar di bawah).

Ket : Kata Cycode yang berwarna merah tersebut dapat diganti dengan Nama atau apapun yang Anda inginkan.

Setelah itu kita hubungkan file banner dengan file konfigurasi ssh server agar pada saat komputer di restart figlet akan secara otomatis aktif bersama ssh servernya, ketikkan perintah berikut untuk menghubungkan figlet dengan ssh :
#echo "banner /etc/ssh/banner" >> /etc/ssh/sshd_config (Seperti yang ditunjukkan pada bagian nomor 2 gambar di bawah)

Jika sudah restart ssh server Anda dengan perintah : #service ssh restart (Seperti yang ditunjukkan pada bagian nomor 3 gambar di bawah)



Selesai sudah konfigurasi SSH Server dan Figlet sekarang kita ketahap pengujian.

1. Pengujian menggunakan Server Debian langsung, ketikkan perintah #ssh root@localhost



Pengujian dari Windows menggunakan aplikasi Putty. Pada putty kita bisa menggunakan setiap port yang buat pada saat konfigurasi SSH Server sebelumnya, penggunaan port dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini.


Jika sudah memasukkan Alamat IP dan Port pada Putty klik open coba masukkan user debian Anda atau bisa langsung menggunakan root. Jika sudah tampilan pada putty akan sama seperti yang sebelumnya kita coba pada Debian Server kita.


Untuk lebih mudah memahami kalian bisa menonton video tutorial nya di Channel Youtube Saya Ferdi Dirgantara



Sekian Tutorial yang dapat saya berikan kali ini, semoga apa yang saya posting ini dapat bermanfaat buat kita semua.

~ Thanks For Coming~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »