Membuat Multi-Domain (DNS) pada Debian 7 Wheezy

Kali ini Saya akan berbagi bagaimana cara membuat 2 buah alamat domain untuk 1 Alamat IP. Caranya sama seperti tutorial sebelumnya Konfigurasi DNS pada Debian 7 hanya saja, disini kita membuat 2 buah file copy-an dari db.local dan melakukan konfigurasi pada file tersebut sama seperti pada tutorial Konfigurasi DNS pada Debian 7. Pada lomba LKS 2016 tingkat provinsi yang Saya ikuti kemarin terdapat soal untuk membuat dua buah domain pada web server. Jujur saja Saya tidak bisa melakukan konfigurasi tersebut ketika lomba karena ilmu Saya belum sampai sana, dan setelah lomba selesai Saya mempelajari konfigurasinya seperti apa. Setelah dipelajari tenyata konfigurasinya sama seperti biasa hanya saja kita membuat 2 file copy-an db.local tersebut.

Okey langsung saja.

Pertama-tama konfigurasi DNS seperti pada tutorial yang Saya bagikan sebelumnya Konfigurasi DNS pada Debian 7.

Pada saat melakukan copy pada file yang ada pada directory bind copy menjadi 2 db.local yang terdapat pada directory tersebut. Karena pada tutorial tersebut sudah kita buatkan 1 buah file copy-an db.local maka kita hanya membuat 1 buah file copy-an lagi
#cp db.local db.dirga

Sekarang kita sudah mempunyai 2 buah file copy-an db.local


Jika sudah konfigurasi file db.dirga
#nano db.dirga

nb : pastikan bahwa perintah ini dimasukkan di dalam directory bind ( /etc/bind/ )

konfigurasi db.dirga seperti gambar dibawah


Jika sudah simpan CTRL+I  --> Y --> ENTER

Kemudian kita edit file db.192 yang pernah dibuat pada tutorial Saya sebelumnya.
#nano db.192

Tambahkan perintah seperti gambar pada baris paling bawah.


Kemudian simpan konfigurasi CTRL+I  --> Y --> ENTER

Sekarang kita edit named.conf.defautl-zones
#nano named.conf.default-zones

Tambahkan konfigurasi pada file named.conf.default-zones seperti gambar dibawah ini.


Kemudian simpan konfigurasi CTRL+I  --> Y --> ENTER
Agar domain kedua yang kita buat dapat berfungsi tambahkan perintah search dirga.com pada resolv.conf


Kemudian simpan konfigurasi CTRL+I  --> Y --> ENTER

Restart bind9
#service bind9 restart

Cobalah kedua domain yang telah Anda buat tersebut pada web browser Anda.

Untuk mempermudah kalian bisa menonton video berikut



~ Thanks For Coming ~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »