#2 - Multi Account SSH dengan Bitvise SSH Client dan Proxifier agar Koneksi Stabil

Hai Sobat Blogger,
Terima kasih buat temen-temen karena masih betuh untuk mengikuti blog Saya dan membaca artikel-artikel yang Saya bagikan. Jangan lupa juga untuk like fanpage blog Saya di facebook Dirga CyCode dan jangan lupa juga buat komennya ya untuk mengembangkan blog Saya ini, mungkin masih banyak yang kurang dan masih banyak yang belum Kalian ketahui. Ya, sekiranya mungkin Saya bisa menyelesaikan masalah Kaliankan. Tapi usahakan yang kalian tanyakan itu sesuatu yang berhubungan dengan blog Saya ya tentang networking, server, tutorial, programming dan sesuatu yang lain yang berhubungan dengan teknologi. Mungkin Saya tidak bisa banyak membantu tapi Saya berharap bisa memberikan hasil yang maksimal untuk pengunjung Dirga CyCode.

Nah, pada artikel kali ini Saya mau berbagi sedikit trik buat temen-temen yang mungkin suka pakai SSH. Pada saat ini banyak sekali website yang menyediakan akun SSH gratis seperti FastSSH, SkySSH, dan lain sebagainya. Namun seperti yang kita ketahui speed yang didapatkan dari akun SSH gratisan biasanya sangat sedikit apa lagi saat kita menggunakan akun tersebut untuk melakukan download pasti kita tidak lagi bisa melakukan browsing internet karena akun tersebut fokus untuk melakukan tugasnya yang membutuhkan data yang lebih besar dibanding dengan melakukan browsing, sehingga membuat halaman yang kita tuju tidak dapat terbuka.

Untuk itulah Tips Trik ini Saya bagikan untuk kalian yang mungkin membutuhkannya. Bukannya sok pintar atau sombong ya tapi Saya hanya ingin berbagi pada Sahabat Blogger yang selalu mengunjungi blog Saya. Jika memang merasa artikel ini tidak layak untuk Kalian silahkan menekan tanda silang (x) yang ada pada tab browser Anda.

Dan untuk Kalian yang belum mengetahuinya dan sekiranya tertarik dengan trik ini silahkan Anda ikuti apa yang Saya lakukan. Tanpa basa basi lebih lama lagi langsung saja kita ke langkah-langkahnya.

Pertama-tama Kalian harus mempersiapkan Akun SSH Kalian minimal 2 akun. 
Jika Kalian belum mempunyai akun SSH kalian bisa membuatnya di FastSSH atau website layanan SSH gratis lainnya.

Jika Kalian sudah memiliki 2 akun SSH sekarang aktifkan koneksi internet Kalian dan buka inject internet gratis yang Kalian gunakan entah itu Axis, XL, Telkomsel, dll.

Kemudian buka 2 jendela Bitvise untuk akun SSH yang akan kalian gunakan dan masukkan akun SSH yang telah kalian buat sebelumnya, dan pada tab services berikan tanda centang pada SOCKS/HTTP Proxy Forwarding.
Pada kolom Listen Interface biarkan 127.0.0.1 dan pada Listen Port berikan 1080 untuk akun pertama dan 1081 untuk akun kedua.





Hal ini berguna agar akun SSH Kalian tidak terjadi tabrakan karena Listen Portnya sama, selain itu ini juga berfungsi sebagai penghubung antara Bitvise dengan Proxifier. 

Jika sudah diubah langsung login untuk kedua akun tersebut dan tunggu hingga login sukses.

Jika SSH Kalian sudah aktif maka sekarang Kalian tinggal membuka Proxifier dan membuka Proxy Server yang memiliki icon komputer di pojok atas kiri jendela proxifier Kalian atau dengan memilih menu Profile kemudian Proxy Server.

Setelah jendela Proxy Server muncul maka selanjutnya Anda perlu membuat konfigurasi terlebih dahulu agar dapat terhubung dengan Bitvise SSH, caranya dengan menekan tombol Add maka akan muncul jendela baru untuk memasukkan Proxy Server yang baru.

Pada kolom Address isikan 127.0.0.1 kemudian pada port isikan Listen Port akun SSH pertama yaitu 1080 dan pilih SOCKS Version 5. Untuk memastikan berhasil atau tidak tekan tombol Check dan tekan OK jika sudah berhasil. Begitu pula untuk akun kedua namun hanya mengubah kolom port saja menjadi 1081 atau Listen Port Akun SSH kedua Kalian. 

Jika sudah dibuat pilih OK.

Nah sekarang yang perlu kita lakukan adalah menentukan mana dari kedua akun tersebut yang akan digunakan untuk browsing dan yang akan digunakan untuk download. Disini Saya akan menggunakan akun pertama dengan L.Port 1080 untuk melakukan browsing dan akun kedua dengan L.Port 1081 untuk download. Caranya yaitu :

Pilih profile kemudian Proxification Rules...
Tekan  tombol Add untuk menambahka Rules baru maka akan muncul jendela baru untuk mengisi beberapa kolom.
Pertama pada kolom name Kalian bisa mnemberikan nama apa pun untuk rules yang Kalian buat. 
Kemudian pada bagian application pilih aplikasi mana yang biasa Kalian gunakan untuk melakukan browsing internet, tekan tombol Browse.. yang ada dibawah kolomnya dan cari aplikasi browser Anda. 
Dan terakhir pada pilihan Action pilih Proxy SOCKS 127.0.0.1:1080 lalu tekan tombol OK untuk menyimpan rules.

Sama seperti sebelumnya buatlah rule juga untuk aplikasi downloader Kalian misalkan IDM maka pada kolom application tersebut Kalian harus memasukkan IDM dan pada Action pilih SOCKS 127.0.0.1:1081 lalu tekan tombol OK untuk menyimpan rules.



Okey Guys Selesai sudah TipsTrikTutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk temen-temen sekalian.
Jangan lupa berikan masukkan Kalian di kolom komentar dan jangan lupa juga di share ke temen-temen Kalian yang mungkin membutuhkannya. Saya berharap setiap artikel yang Saya posting bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Sekian dari Saya dan Good Luck!!

~ Thanks For Coming ~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments