#2 - Mengenal IP Address (Unicast Address pada IPv4)

Hai Sobat Blogger.
Pada pembahasan sebelumnya Saya sudah memberikan sedikit gambaran mengenai IP Address, kelas ip dalam jaringan, range dari setiap kelas ip address, jenis-jenis ip address, dan lain sebagainya. Nah pada pembahasan kali ini Saya akan membahas lebih lanjut mengenai IPv4 tersebut. Seperi yang Saya katakan sebelumnya kita akan membahas mengenai Unicast Address pada IPv4.

Unicast Address ini merupakan jenis ip yang biasa kita gunakan pada jaringan kita dari ip kelas A sampai kelas C, sedangkan untuk kelas D dan kelas E bukan termasuk Unicast address. Unicast Address ini yang paling sering digunakan pada host TCP/IP dan dapat ditetapkan pada sebuah host yang memiliki interface jaringan dengan teknologi ethernet, yang mana perangkat tersebut memiliki MAC Address sepanjang 48-bit.

Berikut jenis-jenis dari Unicast Address pada IPV4

1. Public Address

Public Address (IP Public) ini adalah ip global yang langsung terhubung dengan internet atau jaringan dunia. IP ini biasa kita dapatkan dari ISP yang kita gunakan atau dari router yang memberikan layanan untuk mengakses jaringan internet. Selain itu ip public ini juga sudah diatur langsung agar tidak terjadi konflik ip yang sama pada perangkat lainnya sehingga IP Public ini di jamin ke unikannya dan tidak ada yang bisa menggunakan ip yang sama.

2. Private Address

Selain public address ada juga yang disebut dengan private address yaitu ip yang hanya di kenali oleh satu jaringan saja dan orang lain di luar jaringan tersebut tidak akan mengetahui ip berapa yang mengaksesnya, yang diketahui oleh host yang berada diluar jaringan kita pada saat melakukan ping atau akses adalah ip public yang kita gunakan atau diberikan oleh ISP yang kita gunakan.
Mengapa demikian? Karena private address akan mendapatkan akses ke internet harus melalui gateway baik itu dengan proxy server, e-mail server atau dari router langsung, sehingga bisa dikatakan bahwa private address ini juga termasuk private network yang artinya hanya orang-orang terdekat kita saja yang dapat melakukan kontak atau hubungan tanpa diketahui oleh public atau orang banyak.

Demikian sedikit penjelasan yang dapat Saya berikan pada sobat Blogger mengenai Unicast Address pada IPV4.

~ Thanks for coming ~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »