INSTALL MIKROTIK DENGAN VMWARE

Hai Sobat Blogger,

Kalian pasti bingung gimana ya caranya belajar mikrotik tanpa harus mempunyai routerboard mikrotik?. Awalnya Saya juga bingung gimana cara praktik melakukan konfigurasi mikrotik sedangkan routerboard saja tidak punya, bahkan buku tentang mikrotik sudah ada namun karena alat yang digunakan untuk melakukan praktikum tidak ada jadi Saya tidak pernah membacanya selama 1 tahun 3 bulan.

Kita sebagai manusia pasti bisa lupa namun pasti akan ada sesuatu yang bisa membuat kita bisa tetap mengingat suatu hal agar kita tidak bisa melupakan hal yang sangat penting menurut kita. Begitu pula dengan melakukan konfigurasi pada mikrotik dan yang lainnya. Apalah gunanya materi namun tidak dipraktikkan bahkan belum 1 minggu saja mungkin kita sudah lupa dengan apa yang harus kita lakukan untuk melakukan konfigurasi pada mikrotik jika kita hanya membacanya saja tanpa pernah melakukan praktik sama sekali.

Di bulan terakhir Saya mengikuti kegiatan PKL Saya mulai mengingat mesin virtual ini dan mencoba mencari cara agar dapat belajar mikrotik tanpa menggunakan routerboard mikrotik dan ternyata setelah Saya mencari jalan keluarnya dan Saya mencobanya. Hasilnya tidaklah mengecewakan karena memang hal itu bisa kita lakukan dengan menggunakan VMWare, terserah kalian mau menggunakan VMWare versi 9, 10, 11 atau yang lainnya. Pada artikel ini Saya menggunakan VMWare Versi 10.

Bahkan saat ini Saya bisa menggunakan laptop menjadi sebuah router untuk usaha Hotspot yang Saya jalani. Tentu ini hanya untuk sementara waktu sampai Saya bisa mendapatkan uang untuk memiliki routerboard sendiri. Kelemahannya jika kita menggunakan laptop/PC menjadi router tentu kita pasti memiliki batasan waktu koneksi yang diberikan kepada user karena laptop/PC yang bekerja siang dan malam pasti akan cepat mengalami kerusakan pada hardwarenya. Selain itu penghasilan juga menjadi sedikit karena user hanya dapat mengakses internet selama kurang dari 24 jam.

Setelah mendengar kata-kata Saya di atas kita langsung saja ke tahap instalasi mikrotik pada VMWare 10 agar dapat bekerja sebagai PC router.
Syarat untuk membuat PC Router adalah memiliki 2 buah interface ethernet(LAN) yang akan difungsikan sebagai Penerima dan Pengirim, karena pada laptop kita tidak bisa menambahkan interface ethernet maka kita bisa memfungsikan Adapter WLAN laptop kita sebagai Penerima koneksi internet dan Adapter LAN sebagai Pengirim/Pemberi.

Adapter LAN disini tidak bisa digunakan langsung sebagai Pengirim/Pemberi maka agar kita bisa membagi koneksi internet yang kita miliki maka kita memerlukan sebuah alat yang berfungsi sebagai Pengirim/Pemberi yaitu Access Point baik AP Indoor maupun AP Outdoor dapat Anda gunakan.
Setelah semua persyartan tersebut terpenuhi maka kita bisa melakukan instalasi PC Router pada VMWare.

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu file .iso dari sistem operasi mikrotik Anda, jika Anda belum memilikinya bisa Anda download di http://www.mikrotik.com/ atau http://www.mikrotik.co.id/.
Setelah sistem sudah tersedia maka buka VMWare yang Anda miliki dan buat sebuah mesin virtual baru dengan konfigurasi yang sesuai dengan yang Saya lakukan berikut ini.


Pilih Custom (advanced) agar kita dapat lebih leluasa melakukan modifikasi pada mesin virutal milik kita sendiri kemudian tekan tombol Next.


Pada Hardware compatibility pilih versi VMWare yang Anda gunakan, jika ada kemungkinan suatu saat Anda akan menggunakan versi VMWare yang lebih rendah Anda bisa mengubahnya menggunakan versi yang berbeda namun untuk saat ini biarkan default saja dan tekan tombol Next.


Kemudian pilih Installer disc image file (iso): dan tekan tombol Browse dan cari file iso sistem opersi mikrotik yang sudah didownload sebelumnya dan tekan tombol Next.


Pada pemilihan jenis Sistem Operasi yang akan di instal pada Guest operating system pilih other dan pada version pilih other juga kemudian tekan tombol Next.


*Alasan mengapa kita mengunakan other disini karena sistem operasi mikrotik sebenarnya tidak temasuk dalam setiap pilihan yang disediakan oleh VMWare atau mikrotik itu berbeda dari yang lain.
Isikan nama virtual mesin yang dibuat, Anda bebas menggunakan nama apa saja pada bagian ini dan jika sudah ditentukan maka tekan tombol Next.


Pada konfigurasi selanjutnya biarkan default saja dan klik Next.


Selanjutnya tentukan kapasitas RAM yang akan digunakan untuk Mikrotik Anda, Anda bisa membiarkannya default dan tekan tombol Next.


Pada tahap selanjutnya pilih Do not use a network connection karena kita akan melakukan konfigurasi pada adapter mikrotik nanti pada bagian terakhir.


Pada Select I/O Controller Type biarkan default dan tekan tombol Next.

Pada Select a Disk Type biarkan default dan tekan tombol Next.

Kemudian pada Select a Disk pilih Create a new virtual disk untuk membuat disk virtual baru untuk sistem  operasi mikrotik Anda dan tekan tombol Next.


Kemudian tentukan jumlah partisi yang Anda inginkan untuk sistem operasi mikrotik Anda, disini Saya memberikan alokasi sebesar 10 GB. Sebenarnya kita tidak perlu sebanyak ini karena kapasitas yang dibutuhkan sistem operasi mikrotik tidaklah terlalu besar. Jika sudah tekan tombol Next > Next.



Selanjutnya kita tentukan Adapter yang diperlukan agar mikrotik dapat berfungsi dengan benar. Tekan tombol Customize Hardware


Kemudian tekan tombol ADD untuk menambahkan adapter pada mesin virtual.


Pilih Network Adapter untuk menambahkan sebuah interface pada virtual mesin Anda dan tekan tombol Next.

 

Pada interface pertama pilih Custom : Specific virtual network. Kemudian pilih Vmnet1 dan tekan tombol Finish.


Lakukan ulang langkah tersebut dan tambahkan VMnet2 dan VMnet3

 

Jika ketiga interface telah disiapkan maka tekan tombol Close dan Finish.

Langkah selanjutnya adalah menentukan setiap fungsi untuk VMnet1, 2, dan 3 yang telah kita buat tadi dengan memilih menu Edit > Virtual Network Editor kemudian lakukan konfigurasi seperti dibawah ini.


*Penjelasan :
VMnet1 adalah Host-only
VMnet2 adalah brigde ke WLAN Anda
            VMnet3 adalah bridge ke LAN Anda

Selesai sudah pengaturan yang diperlukan untuk mesin virualnya sekarang Anda bisa mencobanya apakah sudah berhasil atau tidak dengan menekan tombol Power on this virtual machine.

Okey tahap installasi akan kita lakukan sekarang 


*Penjelasan :
Untuk memberikan tanda kepada semua paket yang diinginkan tekan tombol “a” pada keyboard Anda dan tekan tombol “ i ” untuk melakukan installasi.

Kemudian Anda akan di tanya apakah Anda ingin membiarkan konfigurasi sebelumnya? Tekan huruf “ n ” untuk menyatakan NO/tidak. Dan pertanyaan selanjutnya apakah Anda ingin menghapus semua data yang ada pada routerboard? Tekan huruf “ y ” untuk menyatakan YES/iya.

Kemudian tunggu dan ikuti instruksi selanjutnya yang diberikan oleh Sistem Operasi.
Jika sudah melakukan restart secara otomatis silahkan login dengan menggunakan user admin dan tanpa password.

Kemudian tekan huruf “ n ” untuk menyatakan NO/tidak pada pertanyaan tentang Lisensi.
Selesai sudah instalasi mikrotik pada VMWare, kini kita memiliki PC Router yang siap digunakan sebagai manajemen jaringan Anda.

Sekarang kita coba mengakses mikrotik dengan menggunakan winbox, pertama buka Winbox 2.2-18, kemudian pada Connecting to tekan tanda “ ... ” yang ada disamping textbox dan login dengan menggunakan Mac Addressnya kemudian masukkan username admin dan passwordnya biarkan saja kosong dan tekan connect.
















SUKSES...!!!
Selamat Anda telah berhasil melakukan instalasi mikrotik pada mesin virtual VMWare. Untuk Konfigurasinya akan Saya bahas pada tutorial berikutnya.

Sekian ilmu yang dapat Saya bagikan pada kesempatan kali ini semoga dapat berguna dan bermanfaat, jika ada pertanyaan bisa langsung dari kolom komentar dibawah artikel ini atau langsung kontak ke facebook Saya http://www.fb.com/ferdinfadhil (Dirga Desain).

Tetap kunjungi website DirgaCycode dan tunggu ilmu yang akan Saya bagikan untuk para blogger.

~Thanks For Coming ~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »