Tutorial SSH Server pada Debian 8 Jessie

Hai Sobat Blogger,
Pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi tutorial bagaiman cara melakukan konfigurasi SSH server pada Debian 8 Jessie, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa si kok di Debian 8 gak bisa login menggunakan user root langsung? Hal ini akan kita bahas pada kesempatan ini. Konfigurasi SSH pada Debian 8 Jessie sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan konfigurasi pada Debian 7 Wheezy hanya saja pada Debian 8 Jessie ini kita tidak bisa langsung menggunakan username root untuk melakukan login pada SSH Server yang telah kita konfigurasi, hal ini terjadi karena pada konfigurasi SSH server yaitu di file sshd_config terdapat sebuah konfigurasi yang bertuliskan PermitRootLogin without-password. Perintah tersebut akan membuat kita tidak dapat melakukan login mengguankan username rootlangsung akan tetapi kita harus melalui user biasa terlebih dahulu baru kita menggunakan perintah su root atau langsung su. Tentu kita ingin langsung bisa mengakses super user tanpa harus melakukan login dengan mengunakan user biasa terlebih dahulu, bukan?. Untuk melakukan hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan mengubah 

PermitRootLogin without-password menjadi PermitRootLogin yes.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda ikuti langkah-langkah yang telah Penulis siapkan berikut ini :
Langkah pertama kita harus menginstal paket instalasi openssh-server dengan menggunakan perintah berikut :

root@cycode:~# apt-get install openssh-server

Setelah terinstall kita dapat melakukan konfigurasi pada file sshd_config yang terdapat pada directory /etc/ssh/ ,  untuk mengakses directory gunakan perintah cd untuk menuju ke direcory yang diinginkan, misalkan : root@cycode:~# cd /etc/ssh/

Kemudian setelah Anda berada pada directory ssh Anda dapat melihat file apa saja yang terdapat pada directory tersebut dengan menggunakan perintah ls, Jika terdapat file sshd_config maka buka file tersebut menggunakan perintah berikut :


root@cycode:/etc/ssh# nano sshd_config 


Atau jika Anda tidak ingin melakukan akses terlebih dahulu ke directory ssh Anda dapat menggunakan perintah berikut ini untuk mengakses file sshd_config tersebut :

root@cycode:~#nano /etc/ssh/sshd_config

Kemudian pada line ke 28
Ubah PermitRootLogin without-password menjadi PermitRootLogin yes.

Selain itu Anda juga dapat mengubah port default atau menambahkan port pada SSH Server dengan mengubah Port 22 yang berada pada line ke 5 atau menambahkan port sesuai dengan keinginan Anda sendiri, misalkan kita akan memberikan port yang baru kepada SSH Server kita dengan menggunakan 2016 maka perintah yang harus ditambahkan dibawah Port 22 adalah Port 2016(sesuai dengan port yang diinginkan).

Kemudian simpan konfigurasi hasil modifikasi tersebut dengan menekan tombol CTRL+X > Y > Enter.



Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas Admin telah menambahkan Port 2016 dan mengubah PermitRootLogin without-password menjadi PermitRootLogin yes.

Jangan lupa untuk melakukan restart pada ssh server Anda agar konfigurasi tersebut dapat digunakan oleh sistem Debian.

root@cycode:~# service ssh restart

Setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar maka Anda akan dapat mengakses SSH Anda dengan menggunakan super user(root) langsung tanpa harus melalui user biasa.

Cobalah dengan menggunkan perintah root@cycode:~# ssh root@localhost atau dengan 

menggunakan aplikasi putty pada sistem windows sebagai remote access ssh server Anda.
Sebelumnya Admin minta maaf kepada para blogger yang sekiranya masih menggunakan Debian 7 Wheezy karena Admin sudah tidak menggunakannya lagi dan Admin berpindah ke Debian 8 Jessie, namun jangan kecewa karena konfigurasinya tidaklah jauh berbeda dengan Debian 7 Wheezy.

Akhir kata..

Semoga apa yang Admin berikan dapat bermanfaat untuk teman-teman blogger, jika ada pertanyaan 
silahkan langsung melalui kolom komentar dibawah artikel ini atau bisa langsung kontak ke fb Admin (Dirga Desain).
Kesempurnaan hanya milik-Nya, kesalahan hanya milik kita umat-Nya. Jadi mohon dimaafkan bila ada kata-kata yang kurang dimengerti

~Thanks For Coming~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »